Pelajar dan Internet Sehat

Generasi Muda, Mari Kita Basmi Kuman di INTERNET!

Assalamu'alaikum, teman-teman. :)

     Akhirnya, setelah sekian lama blog ini berdebu dan lumutan sampai karatan, saya kembali berkicau dan  meninggalkan jejak. Hehehe...

     Oke, sesuai dengan judul postingannya-Generasi muda, Mari Kita Basmi Kuman di INTERNET!- kira-kira apa yang ada dalam pikiran kalian? 'Memangnya internet itu ada sampah dan kumannya, ya?' Atau mungkin 'Loh, internet kok pakai dibersihkan segala? Kan sudah ada antivirus.' ~ Nah, yang perlu dibasmi  ialah postingan-postingan tak bertanggung jawab, tak layak pandang, tak layak baca, terlebih tak layak pakai.

     Di zaman era super global ini, siapa sih yang nggak kenal dengan yang namanya 'internet'? Kalau nggak kenal katanya kudet lah, gaptek lah. Apalagi pelajar!  Itu sih sudah menjadi santapan sehari-hari. Menjadi bagian dari kehidupan tanpa mengenal waktu dan tempat. Facebook dan Twitter misalnya. Pasti di antara kawan sekalian ada yang ngerasa  gimanaaa.... gitu kalau nggak nengok akunnya barang sehari. Termasuk saya pribadi, hehehe... Tapi, tanpa kita sadari, berbaur dengan internet rupanya memiliki efek samping luar binasa, eh, luar biasa maksud saya. Menyimpan banyak misteri dan realita. Dan sebagai pelajar, kita harus memilih apa yang benar dan berpaling dari yang menyesatkan alias move on gitu, kalau perlu jangan pernah memulai dan jangan sampai bertatap wajah dengan segala sesuatu berbau negatif di internet.

     Kalau begitu, bagaimana cara kita memilih apa yang benar melalui internet? 
     
     Ada begitu banyak manfaat yang dapat kita petik dari internet, dan jemari saya bisa sampai keriting jika menyertakannya dalam coretan ini, hehehe... Di antaranya yaitu media berkomunikasi. Istilahnya jauh di mata dekat di hati gitu, tapi ingat, waspada terhadap kopi darat yang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 
     Sebagaimana postingan saya terdahulu di Manfaat-internet-dalam-dunia-pendidikan, saya menyertakan manfaat internet sebagai tempat menyebarluaskan berita dan media mendapatkan berita, juga sebagai perpustakaan online, misalnya di http://marosinfo.com dan http://www.buttasalewangang.com/, berbagai kisah seputar Kabupaten Maros bisa kita dapatkan pada kedua blog tersebut. Selain itu, ada juga yang dinamakan dengan sistem belajar e-learning, dimana kita belajar dengan cara berbeda, tanpa perlu bertatap wajah langsung tetapi komunikasi tetap lancar, meskipun kita hanya mengenal sebatas dunia maya. Salah satu website e-learning yang dapat diakses oleh pelajar yaitu http://www.elearningpendidikan.com. 

     Oh iya, ada juga nih,  salah satu bentuk pemanfaatan internet sehat. Awal bulan ini, di Kab. Maros (Sul-Sel) tepatnya Minggu, 02 Februari 2014, telah diadakan sebuah acara bertajuk "Studblog Discussion Event" yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Pelajar Maros (KBPM). Dimana pada acara yang bertemakan Studying While Blogging Make Your Live Interesting itu mempertemukan sekitar 207 pelajar menengah se-Kabupaten Maros dan memberikan banyak pembelajaran tengtang nge-blog dan internet sehat. Salah satu manfaat yang dipaparkan oleh pemateri dengan cara berinternet sehat yaitu bagaimana kita bisa menghasilkan uang yang halal dari internet, alias bisnis online. Dengan kata lain, internet bagi pelajar bukan hanya sekedar sosial media, nge-update status galau, atau mungkin memotret makanan kita, lalu di upload di Facebook, Twitter, Instagram, dll. Kalau kata remaja Maros, "masih jaman kah?" . Selain itu ada juga materi yang menyajikan tentang bagaimana cara membuat akun blogger yang dikemas dalam bentuk workshop. And the last, materi kepenulisan. Dimana kita diberitahu tentang bagaimana kita menyajikan postingan yang bermanfaat, seperti berita, karya sastra, artikel, dll.



    Ingat! Segala sesuatu yang benar tentulah akan membuahkan hasil yang baik pula. Jangan sampai terjadi kekeliruan dalam memilih. Ingat! Ada malaikat yang selalu mengawasi gerak-gerik kita. Sebagai pelajar, tentunya kita sudah bisa dong memilih, oohh... ini yang benar dan ini yang ngeres. Tanamkan dalam diri kita, bahwa hal-hal negatif yang ada di internet adalah musuh besar kita. Kuman. Bakteri. Virus. Yang sewaktu-waktu bisa membawa penyakit dalam tubuh kita. Jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal baru, karena kita tidak tahu kuman, virus, dan bakteri apa yang dibawa olehnya. Mari kita bentengi diri kita dengan iman yang kuat. Jangan sampai kita terjerumus dalam lubang-lubang penyakit di internet. Kalaupun kita terserang olehnya, maka diri kita sendirilah yang dapat menyembuhkannya. Jaga pola nge-browsing dan nge-chat kita. Dan yang terpenting adalah merawat pikiran kita. Keep Positive Thinking, Guys!

     So, sebagai generasi muda, mari kita basmi kuman-kuman yang bertebaran di internet, berikut vektor-vektornya. Dimulai dari diri kita pribadi. Mari lakukan 3M! Menguras postingan yang tidak bermanfaat. Menutup situs-situs tidak senonoh. Dan mengubur website pembawa kesesatan. Mari berikan desinfektan dan antiseptik pada hama-hama pembawa penyakit di internet! Jangan lupa, berikan antibiotik agar virusnya tidak mengalami resistensi. 

     Hidup Pelajar Indonesia! Hidup Pelajar Maros! Semangat Blogger Pelajar! Mari Kita Basmi Kuman di Internet!


Salam Internet Sehat!^^



Coretan awam dari
St. Rahmah Syam
Asal sekolah: SMK. Kesehatan Terpadu Bahagia Primanegara Maros











Komentar

Paling banyak dikunjungi...